Stadium Penyakit Kanker Payudara

Patofisiologi
Stabidum Penyakit Kanker Payudara - Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi.

Fase inisiasi 
Pada tahap inisiasi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. Perubahan dalam bahan genetik sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen, yang bisa berupa bahan kimia, virus, radiasi (penyinaran), atau sinar matahari. Tetapi tidak semua sel memiliki hipekaan yang sama terhadap suatu karsinogen. Kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya yang illsebut promotor, menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karsinogen. bahkan gangguan fisik menahunpun bisa membuat sel menjadi lebih peka untuk mengalami suatu keganasan.

Fase Promosi.
Pada tahap promosi, suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Sel belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinva keganasan (gabungan dari sel yang peka dan suatu karsinogen).

Stadium Penyakit Kanker Payudara
Stadium penyakit kanker adalah suatu keadaan dari hasil penilaian dokter saat mendiagnosis suatu penyakit kanker yang diderita pasiennya, sudah sejauh manakah tingkat penyebaran kanker tersebut baik ke organ atau jaringan sekitar maupun penyebaran ketempat jauh Stadium hanya dikenal pada tumor ganas atau kanker dan tidak ada pada tumor jinak.

Untuk menentukan suatu stadium, harus dilakukan pemeriksaan klinis dan ditunjang dengan pemeriksaan penunjang lainnya yaitu histopatologi atau PA, rontgen , USG, dan bila memungkinkan dengan CT Scan, scintigrafi dan lain sebagainya. Banvak sekali cara untuk menentukan stadium, namun yang paling banyak dianut saat ini adalah: stadium kanker berdasarkan klasifikasi sistim TNM yang direkomendasikan oleh UICC (International Union Against Cancer dari WHO atau World Health Organization)

STADIUM 0 :
Disebut Ductal Carsinoma In Situ atau Noninvasive Cancer. Yaitu kanker tidak menyebar keluar dari pembuluh / saluran payudara dan kelenjar kelenjar (lobules) susu pada payudara.

Stadium 0 Kanker Payudara

STADIUM I
Tumor masih sangat kecil dan tidak menyebar serta tidak ada titik pada pembuluh getah bening.

Stadium I Kanker Payudara

STADIUM II A :
Pasien pada kondisi ini :
1. Diameter tumor lebih kecil atau sama dengan 2 cm dan telah ditemukan pada titik-titik pada saluran getah bening di ketiak (axillary limph nodes).
2. Diameter tumor lebih lebar dari 2 cm tapi tidak lebih dari 5 cm. Belum menyebar ke titik-titik pembuluh getah bening pada ketiak (axillary limph nodes).
3. Tidak ada tanda-tanda tumor pada payudara, tapi ditemukan pada titik-titik di pembuluh getah bening ketiak.
Stadium II A Kanker Payudara

STADIUM II B :
Pasien pada kondisi ini :
1. Diameter tumor lebih lebar dari 2 cm tapi tidak melebihi 5 cm.
2. Telah menyebar pada titik-titik di pembuluh getah bening ketiak.
3. Diameter tumor lebih lebar dari 5 cm tapi belum menyebar.
Stadium II B Kanker Payudara

STADIUM III A :
Pasien pada kondisi ini :
1. Diameter tumor lebih kecil dari 5 cm dan telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening ketiak.
2. Diameter tumor lebih besar dari 5 cm dan telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah Bening ketiak.

STADIUM III B :
Tumor telah menyebar ke dinding dada atau mcnyebabkan pembengkakan bisa juga luka bernanah di payudara. Atau didiagnosis sebagai Inflammatory Breast Cancer. Bisa sudah atau bisa juga belum menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening di ketiak dan lengan atas, tapi tidak menyebar ke bagian lain dari organ tubuh.

STADIUM III C :
Sebagaimana stadium IIIB, tetapi telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening dalam group N3 ( Kanker telah menyebar lebih dari 10 titik disaluran getah bening dibawah tulang selangka ).
Stadium III C Kanker Payudara

STADIUM IV :
Ukuran tumor bisa berapa saja, tetapi telah Menyebar ke lokasi yang jauh, yaitu : Tulang, paru paru, liver atau tulang rusuk.
Stadium IV Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara pada wanita ini tidak lain memiliki faktor tersendiri mengapa wanita kebanyakan mengalami kanker payudara, itu dikarena ada beberapa faktornya. Untuk mengetahui Faktor resiko payudara pada wanita silahkan baca : Faktor Resiko Kanker Payudara

0 Response to "Stadium Penyakit Kanker Payudara"

Posting Komentar